Rabu, 15 November 2017

China Akan Kirim Utusan Khusus ke Korut, Bahas Apa?

China Akan Kirim Utusan Khusus ke Korut, Bahas Apa?


AFBCASH INDONESIA - Otoritas China juga akan kirim utusan spesial ke Korea Utara (Korut), minggu ini. Tetapi tidak di ketahui tentu hal apa sajakah yang juga akan dibicarakan oleh utusan spesial China ini dengan rezim Korut. 

Seperti ditulis AFB, Rabu (15/11/2017), Song Tao yang dengan spesial diutus oleh Presiden Xi Jinping ini juga akan berkunjung ke Korut pada Jumat (17/11) lusa. Song di ketahui menjabat jadi Ketua Departemen Masalah Luar Negeri pada Komisi Pusat Partai Komunis China. 


Oleh pengamat, kunjungan Song ini dikatakan sebagai dorongan diplomatik oleh China untuk merampungkan krisis nuklir Korut. Walau kantor berita resmi China, Xinhua News Agency, mengatakan Song cuma juga akan mengulas masalah hasil Kongres Partai Komunis China yang di gelar bln. kemarin. 

Song juga akan jadi petinggi pemerintahan China pertama yang lakukan kunjungan resmi ke Korut mulai sejak Oktober 2016. Paling akhir adalah Wakil Menteri Luar Negeri China Liu Zhenmin yang berkunjung ke Korut. Presiden Xi sendiri belum juga sempat berjumpa pemimpin Korut, Kim Jong-Un. 

Pengumuman ini di sampaikan sekitaran satu hari sesudah Trump akhiri tour Asia yang berjalan mulai sejak awal November. Trump berkunjung ke lima negara di Asia, termasuk juga China. Dalam pertemuan dengan Presiden Xi, Trump mendorongnya untuk melakukan tindakan cepat dalam mengatur Korut. 

" Saat jalan cepat, " tambah Trump mengingatkan Presiden Xi sekian waktu lalu. 

Pengamat kebijakan luar negeri pada Peking University, Wang Dong, memprediksi Song juga akan menyerahkan 'konsensus' masalah jalan keluar damai yang sudah disetujui oleh Presiden Xi serta Trump waktu keduanya berjumpa. 

" China saat ini lakukan usaha diplomatik dengan aktif. Kunjungan utusan ini ditujukan untuk membujuk Korea Utara, mengharapkan supaya Korea Utara kembali pada jalur resolusi damai untuk gosip nuklir, " sebut Wang Dong pada AFB. 

Tetapi Kementerian Luar Negeri China menyebutkan kunjungan diplomat seniornya ke Korut mempunyai tujuan untuk bertukar pandangan masalah bebrapa gosip yang dipandang perlu oleh ke-2 negara. " Bertukar pendapat masalah beberapa hal sebagai perhatian dengan, " sebut juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, dalam pernyataannya seperti ditulis Reuters. 


Geng Shuang juga mengutamakan hal yang sama juga dengan Xinhua News Agency, yaitu maksud paling utama kunjungan Song ke Korut untuk 'melaporkan Kongres Partai (Komunis China) ke-19'. Menurut dia, sudah jadi hal teratur untuk China serta negara komunis yang lain untuk mengulas kongres partai semasing. 

Selanjutnya, Geng Shuang mengakui sekalipun tidak ketahui dengan tentu siapa yang juga akan didapati Song di Korut. Tidak di ketahui dengan terang apakah Song juga akan berjumpa pemimpin Korut, Kim Jong Un dalam kunjungan itu. Song terlebih dulu sudah bertandang ke Vietnam serta Laos untuk memberitahu hasil kongres Partai Komunis China ke-19. 

0 komentar:

Posting Komentar