Minggu, 13 Mei 2018

China Luncurkan Satelit Resolusi Tinggi Pemantau Lingkungan

China Luncurkan Satelit Resolusi Tinggi Pemantau Lingkungan

Ilustrasi satelit

Politik77 - China meluncurkan satelit pemantau lingkungan berteknologi pencitraan hyperspektral Gaofen 5 ke orbit Bumi. 

Satelit itu diperlengkapi tehnik pencitraan hyperspektral yang dapat memonitoring kwalitas perairan terbuka, polusi udara, partikel, emisi gas tempat tinggal kaca dan ozon. 

Gaofen 5 yang di luncurkan dari pusat ruangan angkasa Taiyuan di propinsi Shanxi adalah wahana pertama buatan China, yang dapat memantau unsur-unsur polutan udara. 

Satelit itu diperkembang serta di produksi China Aerospace Science and Technology Corporation, didesain punyai masa hidup 8 th.. 

Wahana itu diperlengkapi enam unit instrumen hiperspektral tehnologi tinggi. Dengan tehnik berlainan, satelit dapat memantau unsur polutan dib udara, gas tempat tinggal kaca serta aerosol. Gaofen 5 juga dapat menangkap info spektral dari mulai radiasi ultra violet sampai infra merah. 

Wang Qiao, direktur pusat satelit lingkungan di kementrian ekologi serta lingkungan memberikan pujian pada kelebihan teknologinya. 

" Satelit yang di luncurkan terlebih dulu tidak diperlengkapi tehnik pencitraan hiperspektral, hingga tidak dapat membedakan pada tanaman air dengan ganggang. Keduanya diidentifikasi jadi obyek yang sama. Tapi dengan tehnik hiperspektral, saat ini dapat dibedakan pada tanaman air dengan gulma penganggu ". 

" Dalam terminologi unsur pencemaran udara, satelit dapat memantau belerang dioksida, nitrogen oksida, partikel beresiko, gas tempat tinggal kaca dan aerosol yang terdapat dalam udara, "

0 komentar:

Posting Komentar