Minggu, 19 November 2017

Gempa 7,0 SR Guncang Kaledonia Baru, Picu Peringatan Tsunami

Gempa 7,0 SR Guncang Kaledonia Baru, Picu Peringatan Tsunami


POLITIK77 - Gempa bawah laut berkekuatan 7, 0 taraf Richter mengguncang Kaledonia Baru pada Senin. Lindu itu menyebabkan peringatan tsunami. 

Diambil dari Telegraph pada Senin (20/11/2017), guncangan awal dilaporkan berkekuatan 7, 3 SR, menempa 82 km dari sisi timur Kepulauan Loyalty. Ini adalah gempa paling besar ke-2 di lokasi yang sepanjang kurang dari 24 jam serta yang ke-3 mulai sejak bln. kemarin. 


Menurut Survey Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa berlangsung pada Senin jam 09. 43 saat setempat di kedalaman dangkal 9, 6 km, samping timur Kepulauan Loyalty. Disamping itu, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) menyebutkan sudah mencermati gelombang tsunami di Kaledonia Baru serta Vanuatu pasca-gempa. 

Tubuh itu menyebutkan kalau gelombang setinggi 1 mtr. diprediksikan juga akan menjangkau Kaledonia Baru serta gelombang yang lebih kecil diprediksikan juga akan menghadap ke Vanuatu. Diterangkan kalau ukuran gelombang tsunami juga akan beragam bergantung pada garis pantai. 

" Lembaga pemerintah yang bertanggungjawab atas lokasi pesisir yang terancam mesti ambil aksi untuk memberitahukan serta memberikan instruksi populasi pesisir yang berisiko, " tutur PTWC dalam peringatannya. 

" Warga pesisir yang terancam mesti tetaplah siaga, sensitif pada info serta ikuti instruksi dari otoritas nasional serta lokal, " tambah peringatan itu. 

Disamping itu, pihak berwenang Australia serta Selandia Baru menyebutkan kalau tak ada ancaman tsunami pada ke-2 negara itu. 

0 komentar:

Posting Komentar