Rabu, 25 April 2018

Ilmuwan China: Situs Tes Nuklir Korea Utara Kolaps, Bahaya Radioaktif Mengancam

Ilmuwan China: Situs Tes Nuklir Korea Utara Kolaps, Bahaya Radioaktif Mengancam

Foto Ini Menguak Detil Rencana Baru Program Nuklir Korea Utara

Politik77 - Satu diantara sarana tes nuklir Korea Utaradilaporkan kolaps. Mengakibatkan, ruang sekitaran, bahkan juga sampai negara tetangga, berisiko terkena radioaktif, sekian menuut grup penelitian yang berbasiskan di China. 

Grup penelitian itu menerangkan, robohnya sarana itu dikarenakan karena pemakaiannya jadi website eksperimen rudal nuklir sejumlah lima kali berturut-turut dalam sekian waktu paling akhir. Sekian seperti ditulis The South China Morning Post (SCMP), Rabu (25/4/2018). 

Website tes yang disebut oleh firma China itu berada di Gunung Mantap, Punggye-ri Nuclear Test Site di barat laut Korea Utara. 

Lima dari keseluruhan enam tes nuklir Korea Utara dilaporkan sudah dilakukan dibawah gunung itu -- yang mempunyai feature terowongan sedalam 700 mtr. (2. 296 kaki) dibawah kaki gunung. 

Satu tim peneliti yang di pimpin oleh Wen Lianxing, seseorang pakar geologi dari University of Science and Technology of China di Hefei, menerangkan kalau website itu sempat juga jadi lokasi tes hulu ledak nuklir termal terkuat Korea Utara. 

Rangkaian tes itu merubah gunung jadi fragmen yang rapuh, kata tim peneliti. 

Laporan itu juga menyebabkan kecemasan beda. Keruntuhan sarana itu dapat menyebabkan zat radioaktif bocor serta meluas ke lokasi sekitaran, atau bahkan juga, negara tetangga seperti China. 

Debu radioaktif dapat lolos lewat lubang atau retakan di gunung yang rusak, kata beberapa ilmuwan. 

" Perlu untuk selalu memonitor kebocoran bahan radioaktif yang dikarenakan oleh insiden kolapsnya sarana itu, " kata tim yang di pimpin Wen Lianxing dalam pernyataannya. 

Temuan ini juga akan dipublikasikan di website situs jurnal ilmiah Geophysical Research Letters pada bln. depan. 

Di bagian beda, robohnya sarana itu, lanjut grup penelitian itu, ikut disangka jadi alasan untuk pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada Jumat minggu lantas menyebutkan juga akan membekukan eksperimen nuklir serta rudal dan tutup website itu -- yang ikut di konfirmasi oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. 

Moon Jae-in menyebutkan kalau Korea Utara " sudah menyebutkan prinsip untuk lakukan denuklirisasi pada komune internasional ". 

" Sebagian orang pernah menduga kalau Korea Utara juga akan menyarankan untuk pembatasan nuklir bila seumpamanya mereka berdialog dengan Amerika Serikat kelak. Tetapi, Korea Utara malah telah mengungkapkan prinsip untuk lakukan denuklirisasi dengan penuh, " katanya, seperti diambil dari Hankyoreh, 21 April 2018. 

Korea Utara lihat Gunung Mantap jadi lokasi baik untuk uji coba nuklir bawah tanah -- yang menjulang setinggi 2. 100 mdpl, mempunyai dataran tidak tipis, lereng yang lembut, serta dipandang dapat menahan rusaknya struktural.

0 komentar:

Posting Komentar